MotoGP / WSBK : Status Tim Balap

Factory Team 

adalah tim utama pabrikan yang diturunkan di ajang balap, bisa merupakan tim yang “dipegang langsung ” oleh divisi balap pabrikan yang berkaitan atau pabrikan tersebut bekerja sama dengan sebuah tim spesialis balap. Ada beberapa contoh tim tersebut baik di WSBK ataupun di MotoGP

  • Marlboro – Ducati Corse (MotoGP)
  • Repsol – Honda HRC (MotoGP)
  • Yamaha Factory Racing team (MotoGP)
  • Rizla – Suzuki (MotoGP)
  • Alitalia – Aprilia (WSBK)
  • BMW Motorrad Superbike team (WSBK)
  • Yamaha World Superbike (WSBK)*
  • Paul Bird Kawasaki (WSBK)**
    Factory Supported Team
    status tim seperti ini relatif masih baru, kalo boleh dibilang baru beberapa musim balap ini. Hal ini dikarenakan biaya balap yang semakin membengkak oleh karena itu pabrikan hanya menyuplai Motor & Sparepart yang sama dengan tim Factory namun sementara seluruh aktifitas diatur oleh tim itu sendiri. Contoh paling jelas adalah Carlos Checa diatas Althea Ducati dan Simoncelli diatas Gresini Honda. Jadi jangan heran, dengan pembalap dan manajemen yang tepat tim ini sama kuatnya dengan tim pabrikan murni
  • Althea – Ducati (WSBK)
  • Alstare – Suzuki (WSBK)
  • BMW team Italia (WSBK)
  • Gressini – Honda (MotoGP)
  • Repsol Catalonia Caixa – FTR/Suter  (Moto2)
  • Castrol – Honda Tenkate (WSBK)
  • Crescent – Suzuki (BSB)
    Satellite Team
    tim satellite adalah semacam tim privater yang menggunakan motor dari pabrikan tertentu. Lebih bersifat Customer team. Artinya tim tersebut memiliki aturan dan kontrak yang lepas dari tim pabrikan maupun principalnya. Namun konsekwensinya tim tersebut kurang bisa bersaing dengan tim papan atas.
  • Tech 3 – Yamaha (MotoGP)
  • Pramac – Ducati (MotoGP)
  • Luchio Checinelo Racing – Honda (Motogp)
  • Marc VDS (Moto2)
  • Effenbert Liberty 0 Ducati (WSBK)
  • Yoshimura – Suzuki (WSBK)
  • Pata – Aprilia (WSBK)
  • HM-Plant – Honda (BSB)
  • Rapid Solicitor – Ducati (BSB)
    CRT Teams
    CRT – Teams atau disebut Claimed Rule Team adalah upaya motogp membuat grid motogp lebih besar. Dengan harapan team bisa menggunakan mesin “Superbike” dengan sasis Prototype. Alasanya adalah mesin superbike lebih murah untuk diperoleh ketibang mesin prototype. Tapi sampai detik ini, CRT dianggap tim kelas 3 dimana pembalap menganggap motor CRT tidak lebih dari motor penggembira, yang ironisnya dianggap hanya akan menjadi bulan bulanan tim Satelit sekalipun!

    • Gressini – Honda CRT (MotoGP)
    • NGM Forward – Yamaha CRT (MotoGP)
    • FTR/BRQ – Kawasaki CRT (MotoGP)
    • Suter – BMW CRT (MotoGP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar